Honda Old Custom
Sebuah bengkel yang berlokasi di Jalan Pulau Natuna No. 12 Denpasar Barat, Denpasar, Bali. Bengkel ini didirikan atas dasar kecintaan pemiliknya, Irawan Andi Soesanto (Wawan) terhadap sepeda motor terutama sepeda motor yang bisa dibilang tua, Honda CB.
Dari hobi mengutak-atik motor miliknya dan dengan bekal pengalaman bekerja sebagai mekanik Dewata Harley Davidson, akhirnya sang Sarjana Teknik Sipil memutuskan untuk membuka sebuah bengkel, yang melayani service, tune-up, modifikasi untuk semua motor pada umumnya dan motor Honda CB pada khususnya.
Selain itu, bengkel HOC juga dijadikan sebagai salah satu base-camp untuk anggota CB Denpasar-Bali bercengkerama, jadi buat masbro-masbro sekalian yang mau sharing masalah motor (apapun itu), apalagi masalah Honda CB, monggo mampir ke HOC. Lebih pas lagi kalau mampirnya pas malam minggu, bisa cuci mata lihat Honda CB anak-anak CB Denpasar=Bali. Kalau ditanya masalah jam operasional, "Pokoke sak ngantuke, isih akeh garapan yo dimarekno sek" ( ya se-ngantuknya, kalo masih banyak motor yang harus dikerjain ya diselesaikan dulu), seloroh mekanik HOC yang akrab dipanggil Kang Selo. Umumnya HOC buka dari jam 09.00 pagi sampai jam 11.00 malam.
HOC juga melayani cat untuk motor nih masbro, sesuai permintaan. Maksudnya untuk jenis cat yang dipakai, bisa request yang istimewa kelasnya atau kelas cat yang sering digunakan di HOC. "Yang pasti kualitasnya ga sembarangan dong, kepuasan biker tetap diutamakan", ujar sang painter yang nyaman di panggil Sonny. Untuk pengerjaan cat sendiri dipatok rata-rata satu minggu, "Tapi juga tergantung rame nggaknya, kalo banyak yang harus dikerjakan ya budaya Indonesia harus diterapkan (Harap ANTRI)".

Jumat, 07 September 2012

HD & Honda CB 650

Bengkel Honda Old Custom dapet pasien special masbro, ga tanggung-tanggung 2 motor gede masuk
  • Harley Davidson Softail Custom 1340cc. Yang namanya HD pasti gede dong, alhasil begitu masuk ke garasi bengkel Honda Old Custom, langsung penuh gan! Untung masih bisa diatur sedemikian rupa biar cukup, jadi baik pasien yang udah masuk duluan, yang baru masuk (termasuk ni HD), dan yang akan masuk masih muat. Untuk HD ini, sang empunya mau kuda besinya jadi kinclong lagi, alias di-repaint. Warna nih motor pas dateng pertama kali ke bengkel Honda Old Custom simple sih, hitam polos, cuma bisa dikatakan kusam, lalu ada beberapa bagian cat yang mengelupas dan beberapa bagian rangka yang sudah mulai berkarat. Disinilah tugas Masbro Sonny, sebagai painter, untuk memberikan "wajah lama yang baru" buat motor ini. Karena belum pernah pegang dan bongkar HD sebelumnya dan dikarenakan banyaknya komponen dari HD, maka tugas bongkar-pasang bagian motor ditangani oleh sang pemilik bengkel Honda Old Custom, Mas Wawan. Saat proses pengecatan, Mas Sonny juga ga mau main-main. "Motornya eksklusif jadi catnya juga eksklusif", ujar Mas Sonny yang memilih menggunakan cat mobil untuk pengecatan HD ini. Akhirnya setelah pengerjaan hampir 1,5 bulan (dikarenakan terpotong hari raya Idul Fitri dan Galungan) maka pengerjaan motor ini mencapai tahap finishing. Tugas Mas Sonny selesai dan sekarang di ambil alih oleh Mas Wawan untuk proses re-assembly-nya. Beberapa striping ekstra juga ditambahkan ke beberapa bagian dari motor ini oleh Mas Sonny, memberikan kesan mewah dengan warna gold-nya namun masih tetap elegan. 
 
Tinggal sedikit finishing, dan jadilah 

  •  Honda CB 650. Nah kalo ini pasti masbro-masbro pecinta motor sekalian udah pada tahu. Cuma kali ini versi gedenya. CB 650 lansiran '80-an ini pake 4 silinder sejajar, jadi bisa kebayang gimana lebarnya nih motor. Cuma, Honda CB 650 ini agak pelit gan, single seater! Jadi jangan harap bisa membonceng ikut Mas Agung, sang empunya Honda CB650, yang juga anggota club CB Denpasar, Bali. Nah untuk yang satu ini, sang empunya mau motornya diberikan sentuhan tangan Kang Selo, sang mekanik bengkel Honda Old Custom, dalam hal kelistrikan dan pembenahan sedikit di bagian kaki belakang. Ditanyai soal apakah mau di cat sekalian, Mas Agung sang empunya masih pikir-pikir dulu. Yang pasti, kalo mau di cat dan dipercantik, bengkel Honda Old Custom siap Mas Agung!
 Nah, begini nih tampilan Honda CB 650 punya Mas Agung setelah "dipreteli".


 Kang Selo, sang mekanik bengkel Honda Old Custom, sedang sibuk utak-atik kelistrikan.

Nah kalo ini sepertinya battle nih, Kang Selo dengan pasien Honda CB 650 dan Mas Wawan dengan pasien HD Softail Customnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar